Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

13 Agustus 2010

Ramadhan itu

Malam ini adalah malam ketiga Ramadhan tahun ini, entah mengapa stiap bulan suci ini menyapaku slalu saja aku diterpa rasa takut. Ya... berbagai rasa takut ini slalu muncul di awal Syahrut-Tarbiyah, aku takut tak mampu mendidik diri seperti yang sudah-sudah. Sudah berapa kali Syahrul Quran ini datang, tak juga aku khatamkan Quran, apalagi mentadaburinya... Ya Allah alangkah meruginya diriku ini, "Berilah hamba kekuatan untuk melawan rasa malas ini".
Takut aku, jika Syahrul Ibadah ini datang, ibadahku tidak maksimal, sperti yang sudah-sudah... Malu rasanya jika mengingat semangat ibadah para sahabat, karana jika Syahrul Jihad ini datang, mereka masih bisa memaksimalkan ibadahnya di tengah-tengah kecamuk pertempuran.
Ini adalah Ramadhan ke-27 sejak ruh dan jasadku menyatu. Ini adalah Syahrul Ukhuwah yang ke-4 yang hadir dalam rumah tanggaku. Ingin rasanya aku mengulang nikmatnya Ramadhan tahun 2000, itulah Ramadhan terindah yang pernah kurasa dan blum tergantikan, dimana idialisme benar-benar kami pegang. Dimana ukhuwah benar-benar kami hidupkan, dimana malam-malam dzikir dan Quran kami senandungkan....... Ingin menangis aku jika mengingatnya.... rindu aku pada teman-teman seperjuangan, Mas Roni, Mas Mansyur, Mas Heri, Wisnu.... dimana sekarang kalian???
Aku sadar, sebenar-benar sadar, kalaupun kita berkumpul, rasa itu takkan hadir kembali, kita hanya bisa mengenang dan mencoba menghadirkan kembali di rumah2 kita sendiri.