Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

27 Maret 2009

Panggilan Sayang

Terisnpirasi sepotong dialog antara ustadz Rahmat Abdullah dan istrinya dalam film Sang Murobi, di situ diceritakan bahwa ustadz Rahmat yang barusan menikah memanggil isrinya "Nai...",sehingga membuat kaget sang istri yang mamiliki nama sebenarnya Sumarni bukan Sumarnai. Akhirnya kekagetan itu berubah menjadi senang setelah dijelaskan bahwa "Nai.." itu panggilan sayang sang ustadz untuk dirinya....
Setelah melihat film tersebut, istriku pun menuntut agar aku juga mempunyai panggilan sayang untuk dirinya...Waduh..mulai bingung lagi nih aku, karna dulu di awal pernikahan kami dia juga pernah mengajukan permintaan yang sama, dan sampai sekarang aku belum juga menemukan panggilan sayang yang pas buat istriku tercinta. Pernah di awal nikah dia minta dipanggil "...nduk". tapi aku ngrasa aneh, jadi kupanggil dia "..dek" dan dia manggil aku "..mas" (jawa banget ya). Dan selama itu dia tetep nagih panggilan sayangnya, pernah juga dia minta dipanggil "dinda" dan dia manggil aku "...nda" (kanda), tapi aku gak mau, " kayak panda aja".

Perburuan n perdebatan panggilan sayang masih tetep berlangsung hingga menjelang kelahiran anak pertama kami. Saat itu ia nanti ingin di panggil Ibu dan aku Bapak, tapi aku nggak mau "pasaran banget, nanti apa bedanya dengan bapak-ibu guru?", tolakku.
Kemudian dia mengalah, dan mengajukan nama panggilan "Bunda"....Aku menolak mentah-mentah,emang sih kedengarannya bagus,tapi aku jadi jijik jika ingat "Bunda Dorce"... hi.....na'udcubillah....begidik aku...akhirnya ia mengalah..
Akhirnya dia nyerah, dan menyerahkan kepadaku untuk menentukan panggilan sayang, karena dari awal saya sudah mengusulkan "Abi-Umi"...seperti kebanyakan temen-temen aktifisku dipanggil oleh anak-anaknya. Karena bagiku panggialn Abi-Umi bukan sekedar panggilan sayang, tapi itu menunjukkan identitas kami sebagai keluarga muslim (gak mungkinkan non-muslim dipanggil Abi-Umi). Aku ingin anakku bangga dengan identitasnya sebagai seorang muslim. Walaupun kelihatan pasaran banget...gak papa..
Ternyata permasalahan panggilan sayang belum juga selesai di situ. Sekarang kami masih mempermasalhkan panggilan sayang untuk anak laki-laki pertama kami. Saya menyarankan agar dia dipanggil "Mas...". Alasan saya :
1. Dia anak laki-laki pertama
2. Kami orang jawa (biar nggak ilang jawane)
3. Terdengar lebih akrab
4. Memperjelas gendernya (laki-laki)
Tapi dia menolak dengan alasan yang gak jelas, katanya "Pokoknya aku ingin dia dipanggil kakak...". Saya tetep menolak, karena ia tidak punya alasan yang kuat, selain itu panggilan kakak terlalu umum dan formal (misal: kakak kelas, kakak senior, kakak pembina.dll) serta tidak menunjukkan gender yang jelas (laki-laki dan perempuan sama-sama dipanggil kakak).
Tapi akhirnya aku mengalah dan terpaksa menyetujui panggilan "Kakak" untuk anak pertama kami, setelah dia mengelurkan kata-kata pamungkasnya. " Bi, Umi sudah nurut dipanggil umi. Sekarang Abi harus gantian menyetujui pendapat umi dong!!!".....

Read More ..

15 Maret 2009

Qatar...Mau Dong...


Sudah dua hari ini aku chat dengan seorang teman lewat FB. tepatnya sih dia mantan kakak kelasku sekaligus kakak temen sekelasku, namanya Jery Nasution. Dia sekarang berburu rial di Qatar tepatnya di perusahaan qafco. Sebelumnya dia bekerja d salah satu perusahaan penghasil amonia di kotaku dan sudah menjadi karyawan tetap.
Berikut hasil cuap-cuap kami :
Saya : Assalamu'alaikum...pa kabar pren?di sana panaskah?
Jerry: ga juga,masih musim dingin, bln mei br panas
Jerry: lg bikin ebook apa nih bos?
Saya : Oooo,di sini kadang panas kadang dingin...sperti biasanyalah..kluargamu sehat?
Saya : ooo aku lagi bikin ebook dari modul2 pabrik,smentara tentang utility,... di sana enak gak?jadi pingin nyusul nih...
Jerry : kapan nih mau nyusul desember nanti ada tes.
Saya : aku sudah coba buka gunamandiri tapi bingung yang mana lowongannya...di bantu dong...
Jerry : langsung apply online aja bos
mau pilih yg mana, qafco, qapco, qafac, qp, qatargas, qatarshell, rasgas, qatalum.
langsung buka situsnya, apply online.
Jerry : atau buka di petromindo aja, banyak lowongan disitu.
Saya : klo kamu di prusahan apa?salaryx gmana?
Jerry : qafco, salary kl di rupiah 20juta bersih.
Saya : mantab bos...jd pengen cpet2. punya contoh surat lamarn kerja dlm bhsa inggris (emang d butuhkan?)....
Jerry : kl ada lowongan langsung submit aja cvnya online
nanti interviewnya bs lewat telpon atw gunamandiri.


Saya : baek bos... klo istri n anak adaptasi ma lingkungan situ gampang?
Jerry : anak istri adaptasi lgsg mantap.
Saya : saya sbnarnya pengen daftar,tapi klo minta pendapat ke temen2 banyak yg g stuju klo pindah kerja..tlong dong kasih pencerahan...
Jerry : kl lo merasa nyaman di pkt ya ga usah pindah
tp banyak jg tmn2 pkt yg pengen pindah, tp krn ada kesempatan aja jd ga bs
Saya : ya nyaman itu relatif sih,cuman yang bikin ragu ntu di sanakan gak ada kluarga trus klo mudik jauh,trus keamanan kita di sana gmna? klo misal tau2 prusahaan ada masalah gmna? aku kan blum ada gmbaran sama sekali...tlong kasih masukan dong...
Jerry : disini perusahan oil and gas dipegang pemerintah, dan pemerintah di lindungi amerika, dan negara lain yg punya aset disini. jd qatar, abu dhabi, saudi, dubai, kuwait itu 100% aman insya alloh.
Jerry : keluarga ya cuma anak istri aja, yg lain bs kita bawa sini sbg turis aja. dan walaupun jauh kan terasa dekat dengan internet.
Saya : mmm gitu toh.klo qatar itu sama indonesia maju mana? untuk pendidikan anak bagus mana dgn indonesia? fasilitas RS gratis?
Jerry : qatar sama indonesia?...mmm, ga sama lagi, beda jauh, dengan julukan qatar sbg negara penghasil gas nomor 1 di dunia. qatar dah mulai mengejar negara eropa lain, dengan ambisinya menjadi tuan rumah olimpiade, piala asia, piala dunia.. komplit deh pokoknya ambisinya.
Saya : klo d lhat dari foto2 mantab..itu asli ya fotox bukan gmabar or maket?oiya 1 yang penting,di sana ada program pensiun gak?


Saya : aloow...gmana pak?ada program pensiunnya gak?sory yo banyak nanya...he..he..
Jerry : ya ada dong bos, disana pensiun smp berapa? yg jelas kalah, kalau disini usia pensiun 60 tahun plus 2 tahun kl mau.
Jerry : uang pensiun, 2x basic salaryxmasa kerja atau 3000000 rial (900juta)
Saya : weh..weh..weh..jadi ngiler nih...gila!!!
Jerry : di tempatmukan uang pensiunnya sama juga?
Saya : nggak ga nyampek segitu uang pesangonnya,tapi tiap bulan dapat sktar 2jtaan lah.klo 900jt itu uang pesangonnya doang apa sudah semua (tiap bln g dapat)?
Jerry : ya dah semua, kan kl pensiun kita balik kampung
Jerry : disini uang pensiun juga bs diambil dimuka tiap 5 tahun
Saya : mmm tapi lumayan tuh,klo tiap bln kt bisa nabung tuk pensiun 2 jt aj, sdh jd 900jt+(24jt x 35 thn) ...weh...weh...weh...mpusing ngitungnya...he..he...
Jerry : jangan diitung deh, ga muat kalkulatornya



Read More ..

10 Maret 2009

Kakak Belajar Berdiri

Sudah lama gak posting video nih... So..ini aku up-load video Kakak Hatfan lagi belajar berdiri saat umurnya satu tahun lebih sebulan.
"Ayo kakak BERDIKARI..!!! JANGAN TAKUT...!!!"
"Habis ntu lansung lari..."

video
Lho kok langsung ngibrit ya.......

Read More ..

08 Maret 2009

Oh...Cintaku

Hari ini aku mencoba saum sunah lagi, setelah beberapa lama gak ngejalanin (moga bisa istiqomah...Amiiin). Yah walopun sahur ma mi rebus buatan ndiri, tapi INSYA-ALLAH kuwaatt...(Amiiin...lagi). Sebenarnya sih tadinya mo bangunin istri, minta dibuatin sahur seperti biasanya...tapi rasanya kok gak tega ya...kayaknya istriku tidurnya lelap banget, mungkin kecape'an habis jalan n kehujanan tadi malam... ato semalaman anakku rewel?? Aku emang gak pernah denger klo anakku rewel malam2 kecuali dibangunin istriku (kebangetan ya...)
Ya dengan semangat tinggi aku bangun n masak mi campur telur campur sawi campur cabe n yang penting campur air...he..he...(pokoke campur aja). n akhirnya tralala..jadi deh menu sahurku kayak jaman bujangan dulu...(nostalgia nih). berhubung waktu sudah mepet subuh n belum sholat lail, maka aku gak jadi bikin susu, tapi minum susu kemasan n segelas air n nambah 1/2 gelas lagi air putih....Alhamdulillah kwuueeenyang....
setelah sholat lail n witir aku siap2 mo ke masjid, tapi sebelumnya mo bangunin istriku tercinta biar gak telat subuhnya.
"Mi, bangun mi !!sudah mo adzan nih !" Bisikku sambil goyang2in jempol kakinya.
"Abi dari mana tadi?"Istriku malah nanya dengan muka manjanya.
"Oo..tadi abi sahur di dapur," jwabku nyante
"Emang sahur ma apa?" wajahnya mulai serius,mungkin nyadar di dapur gak ada makanan.
"Masak mi dong.." jawabku dengan senyum bangga, siap2 mo dipuji....(hmmm)
"kok gak bangunin umi!!!" sambil mlotot n membalikkan badan ke kasur lagi sambil nutupin wajahnya....Aku termangu gak percaya,bukannya pujian eh malah ngambek...waduh bisa gaswat nih....Akhirnya kutinggalkan dia yang masih membisu ke masjid sambil ngucapin salam...(gak tahu di jawab gak).
Selama perjalanan ke masjid n pulang lagi aku merenung...ada apa dengan cinta..eh salah..ada apa dengan istriku tercinta... Awalnya saya pikir dia marah karena aku gak minta izin dulu klo mo puasa, tapi menurut hadis hanya istri yang harus meminta ijin suami klo mo puasa sunnah, dan istriku tahu masalah ini. brarti ada penyebab lain....akupun coba berfikir n memutar kembali memori di otakku,mungkin ada jawaban di sana...
Oiya...dulu pernah istriku marah ketika aku barusan selesai sahur dan bukan dia yang masakin makanan sahurnya,tapi ibuku yang masakin. Trus aku tanya kenapa marah,apa bedanya klo ibuku yang masak, toh juga kumakan. Tapi apa jawabnya...yang membuatku terharu n smakin sayang sama istriku. dia bilang, dia kehilangan kesempatan bersedekah kepadaku, apa lagi aku mo puasa. persis ketika dulu aku bertanya kenapa dia melarangku makan sendiri klo di rumah tanpa ia suapi...(jadi ktauan nih makannya disuapin istri teruss...he.he..)
katanya dia ingin dapat pahala dengan menyuapi aku, dan banyak hal yang dia lakukan untuk melayani aku walaupun aku sebenarnya bisa melakukannya sendiri. lagi-lagi alasannya dia ingin mendapat pahala dari Allah dengan melayani aku...Yah mungkin inilah masalahnya
Duh...istriku betapa beruntungnya aku mendapatkanmu. Trimaksih ya Allah, Engkau telah karuniakan kepada hamba istri yang berhati mulia dan menyejukkan pandangan...
Inikah jawaban-MU atas do'a-do'aku yang selalu kupanjatkan kepada-Mu sejak masih jauh umurku tuk menikah."Ya Tuhanku, karuniakanlah hamba istri dan anak-anak yang menyejukkan pandangan. Dan jadikanlah kami pemimpin (Imam) bagi orang-orang yang bertakwa". Amiiin...


Read More ..