Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

14 Desember 2008

Apa kata orang Singapore tentang Indonesia

Bila kita mendengar orang luar negeri selalu mengatakan "Your country (Indonesia) is so rich" sepertinya biasa saja. Tetapi mungkin Anda perlu mengetahui tentang pengalaman seorang sahabat saya yang bercerita, bagaimana pendapat seorang temannya yang berprofesi sebagai pengusaha dari Singapore tentang Indonesia! Silahkan menyimaknya sendiri....

"Indonesia tidak membutuhkan dunia, tetapi dunia yang membutuhkan Indonesia. Apa saja bisa ditemukan di Indonesia. Dunia sulit bertahan tanpa Indonesia karena Indonesia adalah paru-paru dunia. Bila hutan di Kalimantan semua ditebangi, dunia pasti akan kiamat. Dunia yang butuh Indonesia !"

"Kami (Singapore) tidak bisa kaya tanpa Indonesia. Kurang lebih sebanyak 500.000 orang Indonesia berlibur ke Singapura setiap bulan. Apakah terbayang di benak Anda berapa uang yang masuk ke Singapore? Apartemen-apartemen dan condo terbaru dan mahal yang membeli sebagian juga orang-orang Indonesia. Apakah Anda juga mengetahui bahwa rumah sakit di Singapore banyak terisi pasien dari Indonesia?"

"Apakah Anda mengetahui Bulan Agustus yang lalu terjadi krisis beras yang besar? Bahkan termasuk di Singapura dan Malaysia juga mengalaminya? Anda di Indonesia dengan mudahnya mendapatkan beras."

"Lihatlah negara Anda. Air bersih mudah didapatkan di mana-mana. Lihatlah negara kami (Singapore). Air bersih pun kami harus membeli dari Malaysia . Saya pernah ke Kalimantan, bahkan pasir pun mengandung permata. Terlihat glitter kalo ada matahari bersinar. Petani di sana menjualnya Rp. 3000/kg ke sebuah pabrik Negara China. Dan pabrik di negara China menjualnya kembali seharga Rp. 30.000/kg. Saya melihatnya sendiri."

"Apakah Anda sadar bila negara-negara lain selalu takut meng-embargo Indonesia? Ya, apalagi jika bukan karena negara Anda memiliki segalanya. Mereka takut jika kalian menjadi negara yang mandiri. Seharusnya negara Anda yang meng-embargo negara Anda sendiri. Belilah dari petani-petani Anda sendiri, belilah tekstil dan garmen dari pabrik-pabrik Anda sendiri. Anda tidak perlu mengimpor bila bisa memproduksi sendiri. Seharusnya Anda yang menjual ke luar negeri"

"Jika Indonesia bisa mandiri, jika Indonesia bisa meng-embargo diri sendiri, Indonesia akan benar-benar menguasai dunia."
from;http://kiosinfo.blogspot.com