Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

22 Juli 2008

5 tip mencuci rambut yang sehat

Ternyata, menjaga kesehatan rambut Anda agar tidak gampang rusak dan/atau tidak berketombe adalah gampang-gampang susah.

Mungkin Anda sudah putus asa bagaimana caranya. Nah, silakan baca kelanjutan artikel ini untuk mengetahui caranya.
Follow up:

1. Pilih -- dan setia -- pada shampoo yang tepat

Kunci utama dari menjaga kesehatan rambut Anda adalah memilih shampoo yang tepat -- dan kemudian tidak gonta-ganti shampoo lagi.

Shampoo yang tepat adalah shampoo yang diformulasikan untuk jenis rambut Anda / kulit kepala Anda. Misalnya: Jika rambut Anda cenderung kering, gunakan shampoo untuk "Dry Hair" atau shampoo dengan "Extra Conditioner". Sebaliknya, jika rambut Anda cenderung berminyak, gunakan shampoo untuk "Oily Hair", dan hindari shampoo dengan conditioner.

Setelah Anda menemukan shampoo yang rasanya enak di kepala, poin berikutnya amat penting: JANGAN ganti-ganti shampoo lagi. Mengapa? Karena setiap kali ganti shampoo, kulit kepala Anda harus menyesuaikan lagi. Jika Anda terus menerus berganti shampoo, maka Anda bagaikan berusaha menembak sasaran bergerak.

2. Cucilah rambut Anda secara teratur -- tapi jangan setiap kali mandi!

Terlambat mencuci rambut berarti Anda membiarkan penumpukan kotoran pada kulit kepala. Ini akan membuat folikel rambut mengalami iritasi, dan akhirnya membuat rambut Anda tidak sehat.

Sebaliknya, terlalu sering mencuci rambut akan membuat minyak yang alami dihasilkan folikel rambut tercuci bersih, sehingga rambut akan lebih mudah rusak.

Sesuaikan jadwal mencuci rambut Anda dengan kebiasaan Anda. Misalnya, jika Anda berkendara mobil ber-AC ke kantor, dan di kantor Anda bekerja dalam ruang ber-AC, maka mungkin mencuci rambut 3 hari sekali sudah cukup. Sebaliknya, jika Anda sering bepergian, dan/atau selalu bersimbah peluh (misalnya: Menggunakan motor atau bus, atau Anda seorang atlit yang berlatih setiap hari), maka mencuci rambut setiap sore mungkin diperlukan.

Tapi hindari mencuci rambut pada pagi hari (setelah bangun tidur), karena tidak begitu diperlukan, malah dapat berakibat jelek.

3. Cucilah rambut Anda dengan metode yang benar.

Banyak orang kurang mengerti cara mencuci rambut yang benar. Maka dibawah ini saya memberikan caranya berupa langkah-langkah yang mudah diikuti:
Pertama, lakukan cucian "pembersihan dulu"

* Gunakan shampoo sedikit saja, mungkin hanya setengah sendok teh.
* Cucilah rambut Anda dengan menyeluruh; jangan ragu untuk "mengaduk" rambut Anda.
* Tidak perlu kuatir bahwa busanya sedikit.
* SANGAT PENTING: Bilaslah dengan bersih!

Langkah pertama bertujuan untuk membuang kotoran2 'berat' dari rambut, sehingga pada langkah berikutnya, nutrisi dari shampoo dapat lebih efektif bekerja.
Kedua, lakukan cucian "perawatan"

* Gunakan shampoo agak lebih banyak, misalnya 1 sendok teh.
* Sekali lagi, cucilah rambut dengan menyeluruh.
* Usahakan agar kulit kepala Anda terkena shampoo juga.
* Setelah didapat busa yang cukup banyak, DIAMKAN selama 2-3 menit. Ini agar nutrisi shampoo Anda dapat meresap masuk kulit kepala dan melapisi helai-helai rambut dengan baik.
* SANGAT PENTING: Bilaslah dengan sebersih-bersihnya!

Pembilasan yang sebersih-bersihnya di akhir langkah pertama dan kedua adalah sangat penting. Mengapa? Jika pembilasan tidak sempurna, maka busa shampoo yang tertinggal malah akan menimbulkan iritasi kulit kepala, sehingga menghasilkan ketombe sebagai sarana alami kulit kepala melindungi diri dari iritasi (yaitu dengan 'melepaskan' lapisan keluar yang terkena zat iritasi tersebut).

Pertama kali Anda melakukan pencucian yang benar ini, mungkin kulit kepala terasa agak panas. Tidak perlu takut, hal ini normal. Rasa hangat tersebut karena shampoo sedang bekerja dengan lebih efektif. Lama-kelamaan juga akan terasa biasa.

4. Keringkan rambut Anda dengan metode yang benar.

Jangan mengeringkan rambut dari keadaan sangat basah dengan hair dryer.

Sebaliknya, gunakanlah handuk bersih terlebih dahulu. Biarlah sebagian besar air diserap oleh handuk ini.

Gunakan hair dryer hanya untuk menghilangkan kelembaban rambut. Ini pun lakukan pada mode panas rendah, untuk mencegah pecahnya helai-helai rambut.

Mengeringkan rambut basah langsung dengan hair dryer potensi meninggalkan molekul-molekul shampoo pada kulit kepala dan rambut, dan bisa menimbulkan iritasi, yang kemudian menghasilkan ketombe.

5. Hindari menggunakan gel / minyak rambut pada rambut berminyak.

Menambahkan gel/minyak rambut pada rambut berminyak akan menyebabkan folikel rambut tersumbat. Ini mengakibatkan iritasi, dan buntut-buntutnya akan muncul ketombe.

Nah, itulah 5 tip mencuci rambut yang saya harap berguna bagi Anda, agar Anda dapat hidup dengan baik.

From:http://pandu.poluan.info/blog/livingwell-id.php/2008/04/07/5-tip-mencuci-rambut-yang-sehat#more29